Widget HTML #1

Tajwid Al-Qur'an Bab Mim dan Nun Bertasydid Disertai Gambar Poster Tajwid Bab Mim dan Nun Bertasydid

Tajwid Al-Qur'an secara bahasa berarti Tahsin/Memperbaiki, sedangkan secara istilah Tajwid Al-Qur'an berarti membaca AL-Qur'an dengan benar sebagaimana bacaan Rasulullah SAW dan para sahabatnya RA dengan cara mengeluarkan huruf dari makhrajnya, memenuhi sifatnya dan memperhatikan hukun bacaan (Penjelasan tersebut dikutip dari buku Bimbingan Tahsin & Tajwid Al-Qur'an yang ditulis oleh Ust. Efendi Anwar).

Tajwid Al-Qur'an Bab Mim dan Nun Bertasydid

Pada postingan ini, kita akan membahas tentang hukum Mim dan Nun bertasydid, dua huruf yang memiliki karakteristik khusus dalam tajwid.

Mim dan Nun Bertasydid

Mim dan Nun bertasydid adalah dua huruf yang memiliki tanda tasydid ( ّ) di atasnya. Dalam ilmu tajwid, huruf yang bertasydid memiliki keunikan karena huruf tersebut harus dibaca dengan tekanan ganda atau ditahan sebentar. Dalam kasus Mim dan Nun bertasydid, tekanan ini menghasilkan suara ghunnah, yaitu suara yang keluar dari rongga hidung.

Ghunnah pada Mim dan Nun Bertasydid

Menurut Abu Ezra Al-Fadhli, S.Pd.I dalam bukunya yang berjudul "Pedoman Lengkap Tajwid & Tahsin Al-Qur'an TAJWIDUL QURAN Metode Jazariy Jilid 1", beliau menjelaskan bahwa "Mim dan Nun yang bertasydid merupakan kondisi ghunnah yang paling sempurna. Syaikh Muhammad Jum'an mengatakan kesempurnaan ghunnah di sini artinya keluarnya suara dengan sempurna dari rongga hidung."

Hal ini berarti ketika membaca Mim dan Nun bertasydid, seorang qari (pembaca Al-Qur'an) harus memastikan bahwa suara ghunnah tersebut keluar dengan jelas dan sempurna dari rongga hidung, tanpa ada suara yang terganggu atau terpotong. Hal ini memerlukan latihan dan konsentrasi agar bacaan tetap merdu dan sesuai dengan aturan tajwid.

Berikut ini kami sertakan poster tajwid khusus bab Mim dan Nun bertasydid, yang dapat didownload dan disimpan di smartphone atau dicetak. Mudah-mudahan dapat mempermudah kita dalam belajar.

Poster Tajwid Al-Qur'an Bab Mim dan Nun Bertasydid


Contoh Bacaan Mim dan Nun Bertasydid

Di dalam Al-Qur’an, kita dapat menemukan banyak kalimat yang mengandung mim dan nun bertasydid, misalnya, pada ayat-ayat berikut.

Surah An Naba ayat 1

 عَمَّ يَتَسَآءَلُونَ

'amma yatasā`alụn.

Alasan: karena terdapat mim tasydid (مّ).

Surah Al-Kausar ayat 3

 إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ ٱلْأَبْتَرُ

Inna syāni`aka huwal-abtar.

Alasan: karena terdapat nun tasydid (نّ).

Surah An-Nazi’at ayat 1

 وَٱلنَّٰزِعَٰتِ غَرْقًا

Wan-nāzi'āti garqā.

Alasan: karena terdapat nun tasydid (نّ).

Surah Yasin ayat 31

 الْقُرُوْنِ اَنَّهُمْ اِلَيْهِمْ لَا يَرْجِعُوْنَ

“...al-qurụni annahum ilaihim lā yarji’ụn.”

Alasan: karena terdapat nun tasydid (نّ)

dan masih banyak lagi...

Mim dan Nun bertasydid adalah dua huruf yang sangat penting dalam tajwid karena mereka menunjukkan kondisi ghunnah yang paling sempurna. Mari sama-sama belajar untuk bacaan Mim dan Nun bertasydid dengan benar mudah-mudahan dapat meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an kita, menjadikannya lebih merdu dan sesuai dengan kaidah tajwid.

Kami tetap menyarankan untuk latihan yang konsisten dan mencari bimbingan dari guru Al-Qur'an agar membantu kita dalam mencapai bacaan Al-Qur'an yang baik.

Semoga postingan ini bermanfaat dan semoga kita semua diberikan kemudahan untuk memahami dan mempraktikkan tajwid Al-Qur'an dengan lebih baik.

Jika ada saran silahkan mengisi di kolom komentar postingan ini...

Terima kasih...
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Tajwid Al-Qur'an Bab Mim dan Nun Bertasydid Disertai Gambar Poster Tajwid Bab Mim dan Nun Bertasydid"

Dapatkan Desain Huruf Hijaiyah dan Source Code Program PHP DI SINI