Widget HTML #1

Susan Wojcicki Meninggal Dunia, Mantan CEO YouTube yang Membentuk Sejarah Digital

Susan Wojcicki, mantan CEO YouTube meninggal dunia pada Jumat, 9 Agustus 2024 di usia 56 tahun setelah berjuang melawan kanker paru-paru selama dua tahun. Kabar duka ini disampaikan oleh suaminya, Dennis Troper, yang mengungkapkan betapa besar kehilangan yang dirasakan oleh keluarga dan dunia.

Susan Wojcicki
Wojcicki was one of the first Google employees. Photograph: Taylor Hill/FilmMagic for YouTube

Siapa Susan Wojcicki?

Susan Wojcicki adalah salah satu karyawan awal Google, bergabung dengan perusahaan sebagai karyawan ke-16 ketika dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, masih bekerja di garasi rumahnya di California. Perannya dalam perkembangan Google dan YouTube sangat signifikan, menjadikannya salah satu wanita paling berpengaruh di dunia teknologi.

Perjalanan Karier di Google dan YouTube

Wojcicki telah bersama Google selama hampir 25 tahun, memainkan peran penting dalam berbagai proyek besar, termasuk peluncuran AdSense yang menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar Google. Pada tahun 2014, dia diangkat menjadi CEO YouTube, memimpin platform ini melalui periode transisi besar menuju media sosial dan menghadapi berbagai tantangan, termasuk masalah penyebaran misinformasi dan konten berbahaya.

Pengunduran Diri dan Fokus pada Keluarga

Pada tahun 2023, Wojcicki mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO YouTube untuk fokus pada keluarga, kesehatan, dan proyek pribadi yang sangat dia cintai. Dalam pengumuman pengunduran dirinya, dia menyatakan rasa bangganya atas pencapaian yang diraih selama kepemimpinannya dan betapa berharganya pengalaman tersebut.

Dampak yang Tak Terukur

Suaminya, Dennis Troper, dalam sebuah posting di Facebook, mengungkapkan betapa besar dampak Wojcicki pada keluarganya dan dunia. "Dia adalah sahabat terbaik, mitra hidup, pemikir brilian, ibu yang penuh kasih, dan teman yang disayangi oleh banyak orang," tulisnya. "Kami sangat berduka, tetapi bersyukur atas waktu yang telah kami habiskan bersamanya."

Ucapan Belasungkawa dari CEO Google, Sundar Pichai

CEO Google, Sundar Pichai, juga menyampaikan belasungkawanya, menyebut Wojcicki sebagai bagian inti dari sejarah Google dan seseorang yang memberikan dampak besar pada dunia. "Kami akan sangat merindukannya," kata Pichai.

Kepergian Susan Wojcicki adalah kehilangan besar bagi dunia teknologi dan komunitas YouTube. Sebagai seorang YouTuber, saya turut berduka atas kepergian beliau. Warisannya akan terus hidup melalui kontribusinya yang luar biasa terhadap perkembangan dunia digital dan komunitas yang telah dia bangun. 

Sumberhttps://edition.cnn.com/2024/08/10/business/susan-wojcicki-obit/index.html

Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Susan Wojcicki Meninggal Dunia, Mantan CEO YouTube yang Membentuk Sejarah Digital"

Dapatkan Desain Huruf Hijaiyah dan Source Code Program PHP DI SINI